informasi tentang wisata di sekitar provinsi jawa barat

Air Terjun Cikaso Sukabumi yang Menarik Dikunjungi

by Unknown , at 07.04 , has 3 komentar
wisata air terjun curug cikaso sukabumi, www.tongkrongin.com

Air terjun Cikaso merupakan salah satu air terjun populer di Sukabumi, Jawa Barat. Ya, selain terkenal dengan pantai-nya, Sukabumi juga memiliki air terjun berair jernih yang indah. Adapun sebenarnya nama asli air terjun ini adalah Curug Luhur, namun orang-orang lebih mengenal dengan nama Air Terjun Cikaso karena sumber air terjun ini berasal dari aliran anak Sungai Cikaso.

Ada tiga titik curug di Air Terjun Cikaso ini, dimana pada bagian bawahnya terdapat kolam yang berisikan air berwarna hijau kebiruan. Ketiga titik air terjun itu adalah Curug Asepan di sisi kiri, Curug Meong di sisi tengah, dan Curug Aki di sisi paling kanan. Ketiga titik curug di Air Terjun Cikaso ini memiliki ketinggian yang hampir sama satu sama lain, yakni sekitar 80 meter dan lebar sekitar 100 meter. Dengan tiga titik aliran yang besar dan deras itu, Air Terjun Cikaso terlihat semakin cantik.

Curug Aki di Air Terjun Cikaso

Dari ketiga curug ini di Air Terjun Cikaso ini, letak Curug Aki yang paling tersembunyi yakni di balik tebing yang menghadap ke timur. Jika anda ingin berkunjung ke Curug Aki, anda harus datang pagi hari karena curug ini menyuguhkan pemandandangan bias sinar matahari terbit. Bahkan bias tersebut akan semakin jelas terlihat dari bebutiran halus cipratan Curug Aki. Keindahan momen inilah yang sangat diminati oleh pecinta fotografi.

Cerita mistis di Air Terjun Cikaso


Masyarakat sekitar meyakini bahwa ketiga curug memiliki penunggu. Curug Asepan ditunggui oleh Nyai Bloeong, kemudian Curug Meong ditunggui oleh Eyang Santang, dan Curug Aki ditunggui oleh Prabu Siliwangi. Bahkan dituturkan saat sore hari, kerap terlihat penampakan. Percaya atau tidak, tergantung bagaimana anda menyikapinya. Yang pasti, di luar cerita mistis itu, keindahan Air Terjun Cikaso sangat menarik untuk dinikmati.

Fasilitas di Air Terjun Cikaso

Siapa yang tidak tergoda untuk berenang di kawasan air terjun ini? Tentu semua pengunjung ingin merasakan kesegaran airnya. Namun jika anda belum mahir berenang, anda bisa menyewa ban pelampung untuk. Selain ban pelampung, fasilitas lainnya yang disediakan adalah toilet, warung makan, dan kios souvenir.

Akses menuju Air Terjun Cikaso

Air Terjun Cikaso bisa dijangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Bila menggunakan kendaraan pribadi, anda bisa menggunakan rute Kota Surade-pertigaan Jalan Cikaso. Bila menggunakan kendaraan umum, anda bisa mengikuti rute Kota Surade-Jalan Raya Cikaso (pertigaan). Kemudian berjalan kaki melewati pematang sawah dan ladang milik penduduk setempat menuju lokasi Air Terjun Cikaso.

Jika lelah, anda juga bisa menumpang truk pasir yang kerap melewati air terjun. Atau bisa juga menyusuri Sungai Cikaso dengan menggunakan sampan yang bermuatan 10-12 orang. Anda bisa menemukan sampan-sampan ini di Jembatan Cikaso. Setibanya di daratan, perjalanan menuju Air Terjun Cikaso bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 100 meter.



Air Terjun Cikaso Sukabumi yang Menarik Dikunjungi
About
Air Terjun Cikaso Sukabumi yang Menarik Dikunjungi - written by Unknown , published at 07.04, categorized as wisata di sukabumi . And has 3 komentar
3 komentar Add a comment
menumpang truk pasir....aahh aku sering melakukan itu saat hendak mendaki gunung,,,,,
...salam dari Makassar-banjarbaru,,keep happy blogging always :-)
Reply Delete
Pastinya suasana di dekitar air terjun tu menarik dan indah....mendaki gunung dengan udara yang bersih adalah salah satu terapi untuk kesihatan badan kita.
Reply Delete
Wah... ternyata banyak tempat wisata yang sangat bagus dan menarik untuk di kunjungi ya... salah satunya air terjun Cikaso Sukabumi...
Saking bagusnya jadi hampir mirip lukisan...
Reply Delete
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 Wisata Di Jawa Barat by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger